JIKA MESIN MOBIL MATI DI REL KERETA
Mengapa jika mesin kendaraan bermotor
tiba-tiba mati di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi?
Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta
dengan relnya. “Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga
tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, “ kata Dr Ir. Djoko
Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut
Teknologi Surabaya (ITS).
Selama ini sering terjadi kendaraan
bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel kereta api.
Itu terjadi terutama ketika ada kereta yang mau lewat. Pengendaranya
kesulitan menghidupkan kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya,
kendaraan bermotor itu ditabrak kereta dalam hitungan sekian puluh detik
berikutnya.
Kasus terbaru adalah seperti yang dialami
Rektor dan Pembantu Rektor III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.
Keduanya tewas karena mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta
api. Djoko lalu mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas
rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya. Jika
tidak, akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan
berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan
mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah
berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.
Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan?
Kata Djoko, terjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda
kereta api dan relnya. Dan, impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan
mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama
berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin,
meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh. “Pada
kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh
dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang
selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut
tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila
mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan
impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal
tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak
1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.
Sedikit Tambahan: Pengapian pada mesin bensin menggunakan percikan bunga api dari busi yang ditimbulkan oleh listrik bertegangan tinggi (high voltage) yang diproduksi oleh “coil”. Medan listrik statis yang ditimbulkan oleh rel karena gesekan roda kereta api dengan rel dapat mempengaruhi/ mengganggu produksi (besarnya) bunga api pada busi, sehingga mesin mudah mati. Tetapi hal ini hanya terjadi bila putaran (RPM) mesin rendah (putaran mesin idle). Akibatnya mesin sulit menyala bila di-start. Menyelamatkan diri dengan mendorong mobil adalah salah satu cara yang baik, namun sebelum turun JANGAN LUPA memposisisikan tuas transmisi pada posisi gigi NETRAL. Cara lain adalah bila kondisi accu (aki) masih bagus, anda tidak perlu turun dari mobil, masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 (satu), kemudian start mobil (pedal coupling JANGAN diinjak). Maka mobil akan berjalan karena digerakkan oleh dinamo starter. Setidak- tidaknya mobil berjalan sampai menyeberangi rel kereta. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi MANUAL, TIDAK untuk mobil bertransmisi MATIC.
Untuk mobil matic maka penyelamatan hanya
dengan cara mendorong, dan jangan lupa tuas transmisi pada posisi
NETRAL (N), bukan parking (P). Putaran idle mesin mobil matic biasanya
lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga mesin tidak mudah mati.
SEBARKANLAH PADA SAUDARA-SAUDARA KITA YANG LAIN !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar